Tahun : 2014
Universitas : UNIVERSITAS NEGERI JEMBER
Objektif
TES HASIL BELAJAR
SIKLUS 1
Jenjang Kemampuan
|
Nomor
Soal
|
Alasan
|
C1
|
1,3,6,8
|
Karena pertanyaan
nomor 1,3,6,8 termasuk dalam pengetahuan (ranah kognitif C1), dan didalam
soal 1,3,6,8 ini membutuhkan
kemampuan siswa dalam menyebutkan, menunjukkan maupun mengidentifikasi bacaan
tersebut. Dan mengingat kembali materi yang
telah dipelajari yaitu tentang Pengetahuan Sejarah Uang, biasanya satu
jawaban yang benar sehingga termasuk kedalam kategori
memory questions.
|
C2
|
2,4,7,12
|
Pada butir-butir soal 2,4,7,12 ada beberapa kata kerja operasional yang membuat
soal-soal ini masuk dalam tingkatan ini, seperti mengkategorikan dan
menguraikannya,sehingga membutuhkan pemahaman. Pertanyaan
nomor 2 (Mengkategorikan), nomor 4 (Menguraikan),
nomor 7 (Mengkategorikan), nomor 12
(Menguraikan), termasuk dalam ranah
kognitif C2 (pemahaman) sehingga termasuk dalam kategori Memory Question.
|
C3
|
5,9,10,11
|
Pada C3 ini di maksudkan sebagai kemampuan untuk menerapkan informasi
atau pengetahuan yang telah diperoleh dalam kegiatan pembelajaran dalam situasi nyata, karena pada soal no 5,9,10,11 diharapkan siswa untuk dapat menghitung, menentukan dan menggali
|
Subjektif
SOAL TES AKHIR (POST-TEST)
SIKLUS 1
Jenis
Pertanyaan
|
Nomor
Soal
|
Alasan
|
Memory Quetion
|
1,8
|
Karena pertanyaan nomor 1,8 hanya
memerlukan pemikiran tingkat rendah, dan , menekan pada proses dalam mengingat dan mengungkapkan kembali
materi yang telah siswa peroleh secara
tepat sesuai dengan apa yang telah mereka peroleh sebelumnya. seperti apa
yang dimaksud dengan uang barang dan sebutkan contoh dari alat penukaran uang barang dan
kalimat pertanyaan berupa ingatan.
|
Convergent Question
|
2,3,7,12
|
Karena
pertayaan no 2,3,7,12 memerlukan hubungan antara fakta untuk mengkontruksi
respon/ jawaban , dan soal ini merupakan jenjang proses berpikir yang setingkat
lebih tnggi dari ingatan.
Butir soal ini dapat dikatakan untuk mengukur kemampuan
proses berpikir tidak
hanya meminta pada peserta siswa untuk mengingat kembali tentang segala sesuatu
yang telah diajarkan dalam
proses pembelajaran, tetapi siswa tersebut harus memahami, sehingga dapat memberi arti dari materi yang dipelajarinya.
Sehingga membutuhkan pemahaman.
|
Divergent Question
|
5,6
|
Karena pertanyaan no 5,6 memerlukan respon siswa secara bebas dan
mandiri yang lebih bervariasi dan kreatif. Dan pada soal ini membutuhkan proses
berfikir yang setingkat lebih tinggi dari pemahaman. Butir soal dikatakan mengukur
kemampuan proses berfikir penerapan, dan
soal ini meminta pada siswa untuk dapat melakukan memilih, dan menerapkan.
|
Nama mahasiswa :
SHAIQUL UMAM
Tahun : 2013
Universitas : UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Objektif
TES HASIL FORMATIF 1
Jenjang Kemampuan
|
Nomor
Soal
|
Alasan
|
C1
|
1,2,3,4,6,9,10
|
Karena pertanyaan
nomor 1,2,3,4,6,9,10 termasuk
dalam pengetahuan (ranah kognitif C1),dan didalam soal 1,2,3,4,6,9,10 mengukur kemampuan siswa dalam pengetahuan
tentang istilah, tentang fakta khusus, mulai dan didalam soal
ini siswa dapat menjelaskan,
menyebutkan, memilih bacaan tersebut. Dan mengingat
kembali materi yang sebelumnya telah dipelajari yaitu tentang Teknologi
Transportasi dan Komunikasi, sehingga termasuk kedalam
kategori memory questions.
|
C2
|
5,7,8
|
Karena Pertanyaan
nomor 5 (Mengkategorikan), 7 (Mengkategorikan), nomor 8 (Mengkategorikan), termasuk dalam ranah kognitif C2 (pemahaman)
sehingga termasuk dalam kategori Memory Question.
|
Subjektif
SOAL TES FORMATIF 1
Jenis
Pertanyaan
|
Nomor
Soal
|
Alasan
|
Memory Quetion
|
1,3
|
Karena pertanyaan nomor 1,3 ini siswa
juga hanya diminta menjelaskan kembali gagasan yang telah dia peroleh
sebelumnya dan hanya memerlukan pemikiran tingkat rendah,
seperti apakah (definisi) keuntungan dari alat transportasi masa lalu dan
sebutkan alat trasportasi yang dapat dipakai disungai dan kalimat pertanyaan
berupa ingatan.
|
Convergent Question
|
2,4,5
|
Karena
pertayaan no 2,4,5 memerlukan hubungan antara fakta untuk mengkontruksi
respon/ jawaban. Sehingga membutuhkan pemahaman.
|
Nama : INAYATUL MAULA
Tahun : 2014
Universitas : UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Objektif
SOAL EVALUASI
Jenjang
Kemampuan
|
Nomor
Soal
|
Alasan
|
C1
|
1,2,4,7,8,10
|
Karena pertanyaan didalam
soal 1,2,4,7,8,10 merupakan jenjang proses berfikir yang paling
sederhana dan mengingat kembali tentang segala sesuatu yang telah diajarkan dalam
proses pembelajaran, seperti dapat mengingat nama, istilah
, dan juga dapat menyebutkan , sehingga termasuk kedalam kategori memory
questions.
|
C2
|
5,6,9
|
Karena Pertanyaan nomor 5,6,9, Pertanyaan
nomor 5 (Membedakan ), nomor 6 (Membedakan), nomor 9 (Mengkategorikan), termasuk dalam ranah kognitif C2 (pemahaman)
sehingga termasuk dalam kategori Memory Question.
|
C3
|
-
|
-
|
C4
|
-
|
-
|
C5
|
3
|
Pada soal nomor 3 ini
siswa dituntut berfikir lebih tinggi yaitu dapat menbandingkan alat teknologi
maaa lalu dan masa kini, dan soal yang diberikan dan siswa
dituntut untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru dengan jalan
menggabungkan berbagai faktor yang ada dan dibutuh kanemampuan sehingga menyatukan unsur-unsur dari hasil
analisis
|
Subjektif
SOAL EVALUASI
Jenis
Pertanyaan
|
Nomor
Soal
|
Alasan
|
Memory Quetion
|
Soal B : 1,3,4,6,7
Soal C : 1,2,3
|
Karena pertanyaan dari soal B :
1,3,4,6,7 dan soal C : 1,2,3 siswa diharapkan kemampuannya untuk mengerti
makna dari informasi yang diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip
dan berupa ingatan sehingga siswa dapat menyebutkan tentanperkembangan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada masa lalu dan masa
kini.
|
Convergent Question
|
Soal
B : 9,10
Soal C : 5
|
Karena didalam soal B
: 9,10 soal C : pada soal ini siswa dituntun memiliki kemampuan untuk menyeleksi atau memilih
suatu abseksi tertentu (konsep, gagasan, cara) secara tepat dan siswa
dituntut untuk memahami situasi secara nyata yang ada pada soal tersebut.
|
Divergent Question
|
-
|
-
|
Evaluative Question
|
-
|
-
|
Syntesis Question
|
Soal
B : 2,5,8
Soal C : 3
|
Pada
soal Soal B : 2,5,8 Soal C : 3 pada soal ini siswa dituntut untuk dapat
menghasilkan sesuatu yang baru dengan jalan menggabungkan berbagai faktor
yang ada dan dibutuhkan pemikiran yang cukup tinggi.
|
Evaluation
|
LKS
|
Di harapkan siswa dapat mengambil
keputusan dengan mempertimbangkan masalah nilai, tujuan, ide, metode
penyelesaian, termasuk di dalamnya pertimbangan efektifitas dan ketepatan
|
Nama mahasiswa :
ALFIAN NUR ALIFAN DINI
Tahun : 2012
Universitas : UNIVERSITAS NEGERI JEMBER
Objektif
TES AKHIR SIKLUS 1
Jenjang
Kemampuan
|
Nomor
Soal
|
Alasan
|
C1
|
1,2,3,4,5,6,7,9
|
Butir-butir soal ini mengukur kemampuan siswa dalam pengetahuan
tentang istilah, tentang fakta khusus, mulai menjelaskan, menyebutkan dan memilih sehingga siswa dapat mengingat kembali materi yang sebelumnya
dipelajari, Sehingga soal tersebut termasuk dalam memory question.
·
Pada soal no 1,2, dan 3, membutuhkan kemampuan siswa dalam menentukan /
menetapkan identitas (benda) dan menyebutkan .
·
Pada soal no 4,6, da 7 membutuhkan kemampuan siswa dalam menyatakan kembali konsep /
definisi yang sebelumnya telah dipelajari.
·
Pada soal no 5 dan 9 membutuhkan kemampuan siswa dalam menyebutkan,
menunjukkan maupun mengidentifikasi bacaan tersebut.
|
C2
|
8,10
|
Pada butir-butir soal ini ada beberapa kata kerja operasional yang
membuat soal-soal ini masuk dalam tingkatan ini, seperti menjelaskan,
mencirikan, mengkategorikan dan menguraikannya, membedakan .
·
Soal no 2, membutuhkan kemampuan siswa dalam (mengkategorikan) teknologi trasnportasi yang ada pada masa kini.
|
C3
|
-
|
-
|
C4
|
-
|
-
|
Subjektif
SOAL TES AKHIR SIKLUS 1
Jenis
Pertanyaan
|
Nomor
Soal
|
Alasan
|
Memory Quetion
|
Soal B : 2,7,9
Soal C : 1 ,2
|
Karena pertanyaan nomor Soal B : 2,7,9
Soal C : 1,2 Soal uraian ini memerlukan pemikiran rendah, mudah dijawab dan tidak
memerlukan banyak waktu untuk menjawabnya, karena siswa sudah melakukan
pengamatan sebelumnya.
|
Convergent Question
|
Soal B : 1,3,6,8,10
|
Karena pertayaan Soal B : 1,3,6,8,10 Soal ini masuk dalam kategori ini karena soal ini
memberikan pertanyaan yang akan membuat siswa untuk menjelaskan sesuia fakta
atau situasi yang pernah mereka lihat dalam kehidupan sehari-hari..
|
Divergent Question
|
Soal B : 3,5
Soal C : 5
|
Pertanyaan pada Soal B : 3,5
Soal C : 5 ini
membutuhkan kemampuan siswa dalam merangsang imajinatif maupun kreatif,
dengan cara bebas dan mandiri sesuia apa yang ia amati sebelumnya.
|
Evaluative Question
|
Soal C : 4
|
Pada soal
C no 4 ini siswa dituntut untuk dapat
mengevaluasi situasi, keadaan, pernyataan, atau konsep
berdasarkam suatu kriteria tertentu.
|
0 komentar:
Posting Komentar