A. Pengertian
Model Example Non Example
Model Example non Example adalah strategi
pembelajaran yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi
pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk belajar berfikir kritis
dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam
contoh-contoh gambar yang disajikan.
Menurut Buehl (1996) dalam
Apariani dkk, (2010:20) menjelaskan bahwa examples non examples
adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep.
Taktik ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan
2 hal yang terdiri dari examples dan non examples dari suatu
definisi konsep yang ada dan meminta siswa untuk mengklasifikasikan keduanya
sesuai dengan konsep yang ada. Examples memberikan gambaran akan
sesuatu yang menjadi contoh akan suatu materi yang sedang dibahas, sedangkan non
examples memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh
dari suatu materi yang sedang dibahas.
Model Pembelajaran Examples
non Examples menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Media
gambar merupakan salah satu alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar
yang dapat membantu mendorong siswa lebih melatih diri dalam mengembangkan pola
pikirnya. Dengan menerapkan media gambar diharapkan dalam pembelajaran dapat
bermanfaat secara fungsional bagi semua siswa. Sehingga dalam kegiatan
pembelajaran siswa diharapkan akan aktif dan semangat untuk belajar.
Examples non examples merupakan
model pembelajaran dengan mempersiapkan gambar, diagram, atau tabel sesuai
materi bahan ajar dan kompetensi, sajian gambar ditempel atau memakai LCD/OHP,
dengan petunjuk guru siswa mencermati sajian, diskusi kelompok tentang sajian
gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi, dan
refleksi (Roestiyah. 2001: 73). Sementara itu, Slavin dalam Djamarah, (2006:
1) dijelaskan bahwa Examples Non Examples adalah model
pembelajaran yang menggunakan contoh. Contoh-contoh dapat diperoleh dari kasus
atau gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar.
B. Langkah-Langkah Model
Pembelajaran Examples Non Examples
Menurut (Agus Suprijono, 2009 : 125) Langkah – langkah
model pembelajaran Examples Non Examples, diantaranya:
1.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran. Gambar- gambar yang digunakan tentunya merupakan gambar yang relevan
dengan materi yang dibahas sesuai dengan Kompetensi Dasar.
2.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
melalui LCD/OHP/In Focus pada tahap ini Guru dapat meminta bantuan siswa untuk
mempersiapkan gambar dan membentuk kelompok siswa.
3.
Guru memberi petunjuk dan kesempatan
kepada peserta didik untuk memperhatikan/
menganalisa gambar. Peserta didik diberi waktu melihat dan menelaah gambar yang disajikan secara seksama agar detil gambar dapat dipahami oleh peserta didik, dan guru juga memberi deskripsi tentang gambar yang diamati.
menganalisa gambar. Peserta didik diberi waktu melihat dan menelaah gambar yang disajikan secara seksama agar detil gambar dapat dipahami oleh peserta didik, dan guru juga memberi deskripsi tentang gambar yang diamati.
4.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
hasil diskusi dari analisa gambar tersebu dicatat pada kertass . Kertas yang
digunakan sebaiknya disediakan guru.
5.
Tiap kelompok diberi kesempatan untuk
membacakan hasil diskusinya.
dilatih peserta didik untuk menjelaskan hasil diskusi mereka melalui perwakilan
kelompok masing masing.
dilatih peserta didik untuk menjelaskan hasil diskusi mereka melalui perwakilan
kelompok masing masing.
6.
Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta
didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai
dengan tujuan yang ingin dicapai
7.
Guru dan peserta didik menyimpulkan materi
sesuai dengan tujuan pembelajaran.
C. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Example Non Example
1. Kelebihan Model Pembelajaran Example Non Example
C. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Example Non Example
1. Kelebihan Model Pembelajaran Example Non Example
Menurut Buehl dalam (Apriani dkk, 2007:219) mengemukakan kelebihan Example Non Example, antara lain:
a. Siswa berangkat dari satu definisi yang selanjutnya
digunakan untuk memperluas pemahaman konsepnya dengan lebih mendalam dan lebih
kompleks.
b. Siswa terlibat dalam satu proses discovery
(penemuan), yang mendorong mereka untuk membangun konsep secara progresif
melalui pengalaman dari example dan non example.
c. Siswa diberi sesuatu yang berlawanan untuk mengeksplorasi
karakteristik dari suatu konsep dengan mempertimbangkan bagian non example
yang dimungkinkan masih terdapat beberapa bagian yang merupakan suatu karakter
dari konsep yang telah dipaparkan pada bagian example.
2. Keunggulan lainnya dalam model pembelajaran examples non examples
diantaranya:
a. Siswa lebih berfikir kritis dalam menganalisa gambar yang
relevan dengan Kompetensi
Dasar (KD).
b.
Siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh
gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD).
c.
Siswa diberi kesempata mengemukakan pendapatnya yang
mengenai analisis gambar
yang relevan dengan Kompetensi
Dasar (KD).
2. Kekurangan
Model Pembelajaran Example Non Example
a.
Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk
gambar.
b.
Memerlukan
waktu yang lama.
boleh dishare apa judul buku dan penulisnya?
BalasHapuswah bagus sekali penjelasanya
BalasHapusTerimakasih sangat membantu....
BalasHapusTerima kasih...jadi bertambah ilmu
BalasHapus