MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH




 Pengertian Model Make A Match
       Menurut Rusman (2011: 223-233) Model Make A Match (membuat pasangan)       merupakan salah
satu jenis dari metode dalam pembelajaran kooperatif. Metode ini dikembangkan oleh Lorna Curran (1994). Salah satu cara keunggulan teknik ini adalah peserta didik mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik, dalam suasana yang menyenangkan.
       Anita Lie (2008: 56) menyatakan bahwa model pembelajaran tipe Make A Match atau bertukar pasangan merupakan teknik belajar yang memberi kesempatan siswa untuk bekerja sama dengan orang lain. Teknik ini bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik.
       Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah suatu teknik pembelajaran Make A Match adalah teknik mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam semua mata pelajaran dan tingkatan kelas.

a.        Langkah-langkah Pembelajaran Make A Match
Teknik pembelajaran Make A Match dilakukan di dalam kelas dengan suasana yang menyenangkan karena dalam pembelajarannya siswa dituntut untuk berkompetisi mencari pasangan dari kartu yang sedang dibawanya dengan waktu yang cepat.
Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (membuat pasangan) ini adalah sebagai berikut:
1.        Guru menyiapkan beberapa konsep/topik yang cocok untuk sesi review (satu sisi kartu
soal dan satu sisi berupa kartu jawaban beserta gambar).
2.        Setiap peserta didik mendapat satu kartu dan memikirkan jawaban 
3.        atau soal dari kartu yang dipegang.
4.        Peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan
kartunya(kartu soal/kartu jawaban), peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya
sebelum batas waktu diberi point)
5.        Setelah itu babak dicocokkan lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda
dari sebelumnya.       
Model pembelajaran  Make A Match dapat melatih siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran secara merata serta menuntut siswa bekerjasama  dengan  anggota  kelompoknya  agar tanggung  jawab dapat  tercapai,  sehingga  semua siswa aktif dalam proses pembelajaran.
Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Make A Match
Kelebihan dan kelemahan model Cooperative Learning tipe Make A Match menurut Miftahul Huda (2013: 253-254) adalah :
1.                  Kelebihan model pembelajaran tipe Make A Match antara lain:
(1)   Dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, baik secara kognitif maupun fisik.
(2)  Karena ada unsur permainan, metode ini menyengkan.
(3)  Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dan dapat
       meningkatkan motivasi belajar siswa.
(4) Efektif sebagai sarana melatih keberanian siswa untuk tampil presentasi.
(5) Efektif melatih kedisiplinan siswa menghargai waktu untuk belajar.
2.                  Kelemahan media Make A Match antara lain:
(1)     Jika strategi ini tidak dipersiapkan dengan baik, akan banyak waktu yang
terbuang.
(2)     Pada awal-awal penerapan metode, banyak siswa yang akan malu berpasangan dengan lawan jenisnya.
(3)     Jika guru tidak mengarahkan siswa dengan baik, akan banyak siswa yang kurang
memperhatikan pada saat presentasi pasangan.
(4)     Guru harus hati-hati dan bijaksana saat member hukuman pada siswa yang tidak
mendapat pasangan, karena mereka bisa malu.
(5) menggunakan metode ini secara terus menerus akan menimbulkan kebosanan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Fatrikah Choirul Umami Blog Design by Ipietoon