MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE




A.  Pengertian Model Example Non Example
Model Example non Example adalah strategi pembelajaran yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk belajar berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan.
Menurut Buehl (1996) dalam Apariani dkk, (2010:20) menjelaskan bahwa examples non examples adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep.  Taktik ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan 2 hal yang terdiri dari examples dan non examples dari suatu definisi konsep yang ada dan meminta siswa untuk mengklasifikasikan keduanya sesuai dengan konsep yang ada. Examples memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh akan suatu materi yang sedang dibahas, sedangkan non examples memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu materi yang sedang dibahas.
Model Pembelajaran Examples non Examples menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Media gambar merupakan salah satu alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang dapat membantu mendorong siswa lebih melatih diri dalam mengembangkan pola pikirnya. Dengan menerapkan media gambar diharapkan dalam pembelajaran dapat bermanfaat secara fungsional bagi semua siswa. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa diharapkan akan aktif dan semangat untuk belajar. 
Examples non examples merupakan model pembelajaran dengan mempersiapkan gambar, diagram, atau tabel sesuai materi bahan ajar dan kompetensi, sajian gambar ditempel atau memakai LCD/OHP, dengan petunjuk guru siswa mencermati sajian, diskusi kelompok tentang sajian gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi, dan refleksi (Roestiyah. 2001: 73). Sementara itu, Slavin dalam Djamarah, (2006: 1)  dijelaskan bahwa Examples Non Examples adalah model pembelajaran yang menggunakan contoh. Contoh-contoh dapat diperoleh dari kasus atau gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar.

B.   Langkah-Langkah Model Pembelajaran Examples Non Examples
Menurut (Agus Suprijono, 2009 : 125) Langkah – langkah model pembelajaran Examples Non Examples, diantaranya:
1.        Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Gambar- gambar yang digunakan tentunya merupakan gambar yang relevan dengan materi yang dibahas sesuai dengan Kompetensi Dasar.
2.        Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui LCD/OHP/In Focus pada tahap ini Guru dapat meminta bantuan siswa untuk mempersiapkan gambar dan membentuk kelompok siswa.
3.        Guru memberi petunjuk dan kesempatan kepada peserta didik untuk memperhatikan/
menganalisa gambar. Peserta didik diberi waktu melihat dan menelaah gambar yang disajikan secara seksama agar detil gambar dapat dipahami oleh peserta didik, dan guru juga memberi deskripsi tentang gambar yang diamati.
4.        Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebu dicatat pada kertass . Kertas yang digunakan sebaiknya disediakan guru.
5.        Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.
dilatih peserta didik untuk menjelaskan hasil diskusi mereka melalui perwakilan
kelompok masing masing.
6.        Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai
7.                  Guru dan peserta didik menyimpulkan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.

C. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Example Non Example
1.     Kelebihan Model Pembelajaran Example Non Example
Menurut Buehl dalam (Apriani dkk, 2007:219) mengemukakan kelebihan Example Non Example, antara lain:
a. Siswa berangkat dari satu definisi yang selanjutnya digunakan untuk memperluas pemahaman konsepnya dengan lebih mendalam dan lebih kompleks.
b. Siswa terlibat dalam satu proses discovery (penemuan), yang mendorong mereka untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari example dan non example.
c. Siswa diberi sesuatu yang berlawanan untuk mengeksplorasi karakteristik dari suatu konsep dengan mempertimbangkan bagian non example yang dimungkinkan masih terdapat beberapa bagian yang merupakan suatu karakter dari konsep yang telah dipaparkan pada bagian example.
2. Keunggulan lainnya dalam model pembelajaran examples non examples diantaranya:
a. Siswa lebih berfikir kritis dalam menganalisa gambar yang relevan dengan Kompetensi  
    Dasar (KD).
b.   Siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD).
c.    Siswa diberi kesempata mengemukakan pendapatnya yang mengenai analisis gambar
       yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD).
       2.    Kekurangan Model Pembelajaran Example Non Example
a.         Tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar. 
b.         Memerlukan waktu yang lama.






4 komentar:

 
Fatrikah Choirul Umami Blog Design by Ipietoon